 |
| gambar : disway.id |
PT Solo Manufaktur Kreasi atau biasa disebut Esemka untuk pertamakalinya tampil di pameran otomotif Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) yang digelar di JIExpo jakarta 16 - 12 februari 2023
Produsen mobil lokal ini mengenalkan prototype Esemka Bima EV yang terdiri dari varian cargo van dan passenger van
Esemka Bima EV mengambil posisi sebagai kendaraan niaga Battery Electric Vehicle (BEV) yang sebenarnya di indonesia masih sepi pesaing
Salah satu kompetitornya adalah DFSK Gelora E yang mengaspal pada pameran yang serupa pada tahun lalu
Mitsubishi juga akan terjun ke segmen ini dengan Minicab-Miev yang akan diproduksi lokal mulai tahun depan (katanya)
Esemka Bima EV
Esemka tentu saja boleh menjadi brand otomotif lokal indonesia tapi produk Esemka Bima EV ini berkerjasama dengan pabrikan otomotif luar negeri
Hal tersebut langsung disebutkan oleh Eddy Wirajaya presiden diretur Esemka dalam keterangannya persnya
Dijelaskan juga mobil ini masih berupa prototype tapi pihaknya sudah pasang harga untuk kedua varian yang ditawarkan Esemka
 |
| gambar : www.carmudi.co.id |
Dalam keterangan resminya Eddy Wirajaya mengatakan bahwa pengenalan mobil listrik di IIMS ini diharapkan dapan berkontribusi mempercepat peralihan dari mobil konvesional (mobil dengan mesin pembakaran internal) menuju ke Electric Vehicle yang lebih ramah lingkungan
Apalagi dengan adanya target penurunan emisi dan beberapa kebijakan dari pemerintah untuk meningkatkan penggunaan kendaraan bertenaga listrik
Berdasarkan beberapa informasi yang dikumpulkan harga Bima EV varian cargo van ada dikisaran Rp 530 juta sedangkan untuk varian passenger van ada dikisaran Rp 540 juta
Harga tersebut masih tergolong tinggi untuk mobil sekelasnya dan hal tersebut diakui langsung oleh bos Esemka dalam suatu pemberitaan
Harga Esemka Bima EV bisa tinggi karena masih dibawa langsung alis CBU dari cina, saya juga sempat dibikin bingung sama Esemka ini katanya brand otomotif lokal tapi kok produknya CBU heran
Spesifikasi Bima EV
Seperti yang disebutkan di awal tadi Esemka Bima EV masih bersifat prototype walaupun begitu pihak Esemka sudah membuka informasi tentang Bima EV ini
Dijelaskan, baik Esemka Bima EV varian cargo van dan passenger van sama sama menggunakan motor listrik TM4018 yang berjenis Permanent Magnet Synchronous Motor
Motor listrik tersebut dikawinkan dengan baterai Ternary Ion-Lithium yang dipasang di bawah lantai kendaraan
 |
| gambar : GridOto.com |
Berdasarkan penglihatan, kalau anda bisa melihat baterai tersebut ditaruh di suatu kotak berwarna HITAM
Dari lembar spesifikasi resminya menunjukan baterai tersebut memiliki kapasitas 49,1 Kwh
Tenaga tertinggi yang dihasil oleh Bima EV ini adalah sebesar 74 Kw atau setera dengan 100,5 hp dan torsi puncaknya 165 Nm
Tenaga yang dihasilkan dari motor listriknya disalurkan ke roda belakang melalu transmisi 1st reducer
Lantas berapa jarak tempuhnya Bima EV ini, pihak pabrikan mengklaim jarak tempuh Bima EV ini bisa mencapai jarak 350 km hal itu berlaku untuk semua varian dari Bima EV
Untuk mengecasnya mobil ini memiliki dua soket yang masing masing mendukung pengecasan slow charger dan quick charger
Untuk tipe slow charger membutuhkan waktu sekitar delapan jam sedangkan untuk tipe quick charger membutuhkan waktu sekitar satu jam
Untuk informasi lebih lengkap ada dibawah ini berhubung saya males buat tabel jadi tabelnya saya copas sumber tabel dari www.carmudi.co.id
Cargo van Passenger van
| Model Motor Penggerak | TM4018 | TM4018 |
| Tipe Motor | Permanent Magnet Synchronous Motor | Permanent Magnet Synchronous Motor |
| Baterai | Ternary Ion-Lithium | Ternary Ion-Lithium |
| Power Rata-Rata | 40 kw / 53,6 hp | 40 kw / 53,6 hp |
| Voltage | 350,4 V | 350,4 V |
| Tenaga Maksimal | 74 kw / 100,5 hp | 74 kw / 100,5 hp |
| Kecepatan Maksimal | 100 km per jam | 100 km per jam |
| Torsi Maksimal | 165 Nm | 165 Nm |
| Kapasitas Baterai | 49,1 KWh | 49,1 KWh |
| Jarak Tempuh | 300 km | 30 km |
| Durasi Pengecasa | Quick Charger (1 Jam), Slow Charger (8 Jam) | Quick Charger (1 Jam), Slow Charger (8 Jam) |
| Transmisi | 1st Reducer | 1st Reducer |
| Sistem Penggerak | Rear Wheel Drive | Rear Wheel Drive |
| Sistem Kemudi | Electronic Power Steering | Electronic Power Steering |
| Suspensi | Depan (McPherson Independent Suspension), Belakang (Leaf Spring) / Jumlah 6 | Depan (McPherson Independent Suspension), Belakang (Leaf Spring) / Jumlah 6 |
| Sistem pengereman | Depan Disc Brake, Belakang Drum Brake | Depan Disc Brake, Belakang Drum Brake |
Fitur Fitur
Pada aspek keselamatan mobil ini memiliki sistem pengereman ABS dan EBD
Kemudian sistem pengendaliannya sudah dilengkapi dengan power steering
Terdapat juga fitur Hill Start Assist Contral yang berguna untuk menahan mobil sejenak saat mobil berhenti di tengah tanjakan dan ingin melaju kembali
 |
| gambar : mediaformasi.com |
Lampu depannya juga sudah dilengkapi dengan fitur adjustable head projection lamp
Di dalam kabinnya juga sudah dilengkapi sitem child lock, sound system, lampu baca, cigarette lighter, portable adapter charging, central lock dan digital panel instrument
Dalam hal kenyamanan untuk Esemka Bima EV varian cargo van dibekali dengan AC single blower sedangkan untuk passenger van menggunakan double blower
Untuk informasi lengkapnya ada di bawah, berhubung saya males buat tabel jadi tabelnya saya copas sumber tabel www.carmudi.co.id
cargo van passenger van
| Electric Vacuum Boost | Ya | Ya |
| ABS+EBD | Ya | Ya |
| Electric Power Steering | Ya | Ya |
| Hill Start Assist Control | Ya | Ya |
| Pedestrian Tips | Ya | Ya |
| Adjustable Head Projection Lamp | Ya | Ya |
| Child Lock | Ya | Ya |
| Sound System | Ya | Ya |
| AC | Single Blower | Double Blower |
| Cigarette Lighter | Ya | Ya |
| Lampu Baca | Ya | Ya |
| Panel Instrumen | Digital Instrument | Digital Instrument |
| Portable Adapter Charging | Ya | Ya |
| Central Lock | Ya | Ya |
Eksterior
Dari lembar spesifikasi resminya menunjukan bahwa mobil ini memeliki dimensi panjang 4.495 mm x lebar 1.680 mm tinggi 1.990 mm dan wheelbase 2.925 mm
Semua angka angka itu yang ada di atas berlaku untuk semua varian Bima EV
Muka kedua varian juga tampak serupa dengan grill yang sangat besar menurut saya pribadi
Komponen komponen di bagian depan kendaraan ini memang terlihat serba besar
Bukan hanya grill yang besar tapi lampu utama dan lampu kabutnya juga besar
Esemka Bima EV varian cargo van tidak memiliki jendela samping tapi sama sama menggunakan pintu geser seperti varian passenger van sedangkan untuk bagian kaki kakinya, Esemka Bima EV cargo van ataupun passngeger van menggunakan ukuran roda 175 \ 65 R14C
 |
| gambar : www.carmudi.co.id |
Adapun lokasi soket penggisian daya berada di sebelah kanan tepatnya di bawah pintu
Tapi ada juga soket penggisian daya yang bisa juga ditemui di balik kap mesin
Untuk informasi lengkapnya ada di bawah, berhubung saya males buat tabel jadi tabelnya saya copas sumber tabel www.carmudi.co.id
cargo van passenger van
| Dimensi (PxLxT) | 4.495 mm x 1.680 mm x 1.990 mm | 4.495 mm x 1.680 mm x 1.990 mm |
| Jarak Sumbu Roda | 2.925 mm | 2.925 mm |
| Berat Kosong | 1.431 kg | 1.537 kg |
| Jumlah Kursi | 2 | 5/7/9/11 |
| Berat Maksimal | 2.350 kg | 2.350 kg |
| Ukuran Roda | 175/65 R14C | 175/65 R14C |
Interior
Di bagian interior Bima EV anda hanya akan menemukan bangku penumpang pada varian passenger van
Dalam lembar spesifikasi resminya dijelaskan bahwa model ini memiliki beberapa konfigurasi tempat duduk mulai dari 5, 7, 9, sampai 11 penumpang
Pada unit yang dipamerkan bangku belakang pada varian passenger van dibungkus dengan bahan fabric
Di setiap bangku juga sudah dilengapi dengan headrest adjustable dan sabuk pengaman
Material pembungkus joknya sangat terlihat cerah sampai menyillaukan mata saya yang di satu sisi bemberikan kesan lapang
 |
| gambar : www.carmudi.co.id |
Tapi warna cerah seperti ini jika tak dirawat akan mudah terlihat kusam
Adapun deretan kursi belakangnya diposisikan rata ke kiri semua agar menciptakan seperti gang untuk akses ke belakang
Untuk menunjang kenyamanan penumpang varian passenger van sudah dilengkapi dengan AC double blower
Hal ini cukup sangat berbeda dengan varian cargo van yang hanya dilengkapi dengan AC single blower
Sementara itu di bagian bangku depan anda akan menjumpai dashboard yang tergolong sederhana
Tapi tetap ada sentuhan modern
Di konsol tengahnya terdapat selektor transmisi dengan bentuk knop putar seperti kompor
BAGAIMANA MENURUT ANDA
esemka produk lokal tapi kenapa malah impor ya
BalasHapusEsemka produk lokal tapi malah impor๐๐
BalasHapusMobil nya bagus untuk mudik
BalasHapusWoww
BalasHapus