Brio Facelift 2023 Meluncur

Gambar
  gambar : terasjakarta.id Akhirnya Honda Brio facelift resmi meluncur secara nasional di Jakarta  Brio facelift yang diluncurkan oleh PT Honda Prospect (HPM) mendapatkan sejumlah penyegaran terutama pada bagian eksterior baik di tipe Satya maupun RS Jika dilihat kedua tipe Brio facelift ini memiliki gril dan bumper dengan desain yang baru yang terlihat lebih sporty Jika dilihat lebih dekat lagi Honda memasangkan New Headlamp with LED Daytime Running Light, New Chrome Front Grille Design dan velg berukuran 14 inch pada Brio Satya Khusus tipe RS tersemat, New Headlamp with LED Daytime Running Light, New Dark Chrome Front Grille Design dengan emblem RS, New LED Fog Lights, kaca spion retractable dengan lampu sein LED, velg 15 inch dan New Smart Entry System  Di bagian interior Brio Satya kini hadir dengan nunsa warna baru dan ada fitur New Auto Up/Down Windows with Anti-Pinch  Sedangkan untuk Brio RS terdapat penambahan fitur yang cukup banyak antaranya New One Pu...

Mobil Listrik Pertama Esemka, Tapi CBU

gambar : disway.id 


PT Solo Manufaktur Kreasi atau biasa disebut Esemka  untuk pertamakalinya tampil di pameran otomotif Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) yang digelar di JIExpo jakarta 16 - 12 februari 2023 

Produsen mobil lokal ini mengenalkan prototype Esemka Bima EV yang terdiri dari varian cargo van dan passenger van 

Esemka Bima EV mengambil posisi sebagai kendaraan niaga Battery Electric Vehicle (BEV) yang sebenarnya di indonesia masih sepi pesaing 

Salah satu kompetitornya adalah DFSK Gelora E yang mengaspal pada pameran yang serupa pada tahun lalu 

Mitsubishi juga akan terjun ke segmen ini dengan Minicab-Miev yang akan diproduksi lokal mulai tahun depan (katanya)

Esemka Bima EV

Esemka tentu saja boleh menjadi brand otomotif lokal indonesia tapi produk Esemka Bima EV ini berkerjasama dengan pabrikan otomotif luar negeri

Hal tersebut langsung disebutkan oleh Eddy Wirajaya presiden diretur Esemka dalam keterangannya persnya

Dijelaskan juga mobil ini masih berupa prototype tapi pihaknya sudah pasang harga untuk kedua varian yang ditawarkan Esemka

gambar : www.carmudi.co.id

Dalam keterangan resminya Eddy Wirajaya mengatakan bahwa pengenalan mobil listrik di IIMS ini diharapkan  dapan berkontribusi mempercepat peralihan dari mobil konvesional (mobil dengan mesin pembakaran internal) menuju ke Electric Vehicle yang lebih ramah lingkungan 

Apalagi dengan adanya target penurunan emisi dan beberapa kebijakan dari pemerintah untuk meningkatkan penggunaan kendaraan bertenaga listrik

Berdasarkan beberapa informasi yang dikumpulkan harga Bima EV varian cargo van ada dikisaran Rp 530 juta sedangkan untuk varian passenger van ada dikisaran Rp 540 juta

Harga tersebut masih tergolong tinggi untuk mobil sekelasnya dan hal tersebut diakui langsung oleh bos Esemka dalam suatu pemberitaan 

Harga Esemka Bima EV bisa tinggi karena masih dibawa langsung alis CBU dari cina, saya juga sempat dibikin bingung sama Esemka ini katanya brand otomotif lokal tapi kok produknya CBU heran

Spesifikasi Bima EV

Seperti yang disebutkan di awal tadi Esemka Bima EV masih bersifat prototype walaupun begitu pihak Esemka sudah membuka informasi tentang Bima EV ini

Dijelaskan, baik Esemka Bima EV varian cargo van dan passenger van sama sama menggunakan motor listrik TM4018 yang berjenis Permanent Magnet Synchronous Motor 

Motor listrik tersebut dikawinkan dengan baterai Ternary Ion-Lithium yang dipasang di bawah lantai kendaraan

gambar : GridOto.com

 
Berdasarkan penglihatan, kalau anda bisa melihat baterai tersebut ditaruh di suatu kotak berwarna HITAM 

Dari lembar spesifikasi resminya menunjukan baterai tersebut memiliki kapasitas 49,1 Kwh

Tenaga tertinggi yang dihasil oleh Bima EV ini adalah sebesar 74 Kw atau setera dengan 100,5 hp dan torsi puncaknya 165 Nm

Tenaga yang dihasilkan dari motor listriknya disalurkan ke roda belakang melalu transmisi 1st reducer

Lantas berapa jarak tempuhnya Bima EV ini, pihak pabrikan mengklaim jarak tempuh Bima EV ini bisa mencapai jarak 350 km hal itu berlaku untuk semua varian dari Bima EV

Untuk mengecasnya mobil ini memiliki dua soket yang masing masing mendukung pengecasan slow charger dan quick charger

Untuk tipe slow charger membutuhkan waktu sekitar delapan jam sedangkan untuk tipe quick charger membutuhkan waktu sekitar satu jam

Untuk informasi lebih lengkap ada dibawah ini  berhubung saya males buat tabel jadi tabelnya saya copas           sumber tabel dari www.carmudi.co.id

                                 Cargo van             Passenger van

Model Motor PenggerakTM4018TM4018
Tipe MotorPermanent Magnet Synchronous MotorPermanent Magnet Synchronous Motor
BateraiTernary Ion-LithiumTernary Ion-Lithium
Power Rata-Rata40 kw / 53,6 hp40 kw / 53,6 hp
Voltage350,4 V350,4 V
Tenaga Maksimal74 kw / 100,5 hp 74 kw / 100,5 hp 
Kecepatan Maksimal100 km per jam100 km per jam
Torsi Maksimal165 Nm165 Nm
Kapasitas Baterai49,1 KWh49,1 KWh
Jarak Tempuh300 km30 km
Durasi PengecasaQuick Charger (1 Jam), Slow Charger (8 Jam)Quick Charger (1 Jam), Slow Charger (8 Jam)
Transmisi1st Reducer1st Reducer
Sistem PenggerakRear Wheel DriveRear Wheel Drive
Sistem KemudiElectronic Power SteeringElectronic Power Steering
SuspensiDepan (McPherson Independent Suspension), Belakang (Leaf Spring) / Jumlah 6Depan (McPherson Independent Suspension), Belakang (Leaf Spring) / Jumlah 6
Sistem pengeremanDepan Disc Brake, Belakang Drum BrakeDepan Disc Brake, Belakang Drum Brake


Fitur Fitur

Pada aspek keselamatan mobil ini memiliki sistem pengereman ABS dan EBD

Kemudian sistem pengendaliannya sudah dilengkapi dengan power steering

Terdapat juga fitur Hill Start Assist Contral yang berguna untuk menahan mobil sejenak saat mobil berhenti di tengah tanjakan dan ingin melaju kembali

gambar : mediaformasi.com

Lampu depannya juga sudah dilengkapi dengan fitur adjustable head projection lamp  

Di dalam kabinnya juga sudah dilengkapi sitem child lock, sound system, lampu baca, cigarette lighter, portable adapter charging, central lock dan digital panel instrument

Dalam hal kenyamanan untuk Esemka Bima EV varian cargo van dibekali dengan AC single blower sedangkan untuk passenger van menggunakan double blower

Untuk informasi lengkapnya ada di bawah, berhubung saya males buat tabel jadi tabelnya saya copas       sumber tabel  www.carmudi.co.id

                           cargo van            passenger van 
Electric Vacuum BoostYaYa
ABS+EBDYaYa
Electric Power SteeringYaYa
Hill Start Assist ControlYaYa
Pedestrian TipsYaYa
Adjustable Head Projection LampYaYa
Child LockYaYa
Sound SystemYaYa
ACSingle BlowerDouble Blower
Cigarette LighterYaYa
Lampu BacaYaYa
Panel InstrumenDigital InstrumentDigital Instrument
Portable Adapter ChargingYaYa
Central LockYaYa

Eksterior

Dari lembar spesifikasi resminya menunjukan bahwa mobil ini memeliki dimensi panjang 4.495 mm x lebar 1.680 mm tinggi 1.990 mm dan wheelbase 2.925 mm 

Semua angka angka itu yang ada di atas berlaku untuk semua varian Bima EV

Muka kedua varian juga tampak serupa dengan grill yang sangat besar menurut saya pribadi

Komponen komponen di bagian depan kendaraan ini memang terlihat serba besar

Bukan hanya grill yang besar tapi lampu utama dan lampu kabutnya juga besar

Esemka Bima EV varian cargo van tidak memiliki jendela samping tapi sama sama menggunakan pintu geser seperti varian passenger van sedangkan untuk bagian kaki kakinya, Esemka Bima EV cargo van ataupun  passngeger van menggunakan ukuran roda  175 \ 65 R14C
gambar : www.carmudi.co.id



Adapun lokasi soket penggisian daya berada di sebelah kanan tepatnya di bawah pintu 

Tapi ada juga soket penggisian daya yang bisa juga ditemui di balik kap mesin

Untuk informasi lengkapnya ada di bawah, berhubung saya males buat tabel jadi tabelnya saya copas       sumber tabel  www.carmudi.co.id
                      
                            cargo van          passenger van

Dimensi (PxLxT)4.495 mm x 1.680 mm x 1.990 mm4.495 mm x 1.680 mm x 1.990 mm
Jarak Sumbu Roda2.925 mm2.925 mm
Berat Kosong1.431 kg1.537 kg
Jumlah Kursi25/7/9/11
Berat Maksimal2.350 kg2.350 kg
Ukuran Roda175/65 R14C175/65 R14C

Interior

Di bagian interior Bima EV anda hanya akan menemukan bangku penumpang pada varian passenger van 

Dalam lembar spesifikasi resminya dijelaskan bahwa model ini memiliki beberapa konfigurasi tempat duduk mulai dari 5, 7, 9, sampai 11 penumpang

Pada unit yang dipamerkan bangku belakang pada varian passenger van dibungkus dengan bahan fabric 

Di setiap bangku juga sudah dilengapi dengan headrest adjustable dan sabuk pengaman

Material pembungkus joknya sangat terlihat cerah sampai menyillaukan mata saya yang di satu sisi bemberikan kesan lapang 

gambar : www.carmudi.co.id

Tapi warna cerah seperti ini jika tak dirawat akan mudah terlihat kusam

Adapun deretan kursi belakangnya diposisikan rata ke kiri semua agar menciptakan seperti gang untuk akses ke belakang 

Untuk menunjang kenyamanan penumpang varian passenger van sudah dilengkapi dengan AC double blower 

Hal ini cukup sangat berbeda dengan varian cargo van yang hanya dilengkapi dengan AC single blower

Sementara itu di bagian bangku depan anda akan menjumpai dashboard yang tergolong sederhana 

Tapi tetap ada sentuhan modern

Di konsol tengahnya terdapat selektor transmisi dengan bentuk knop putar seperti kompor

BAGAIMANA MENURUT ANDA                                      

Komentar

  1. esemka produk lokal tapi kenapa malah impor ya

    BalasHapus
  2. Esemka produk lokal tapi malah impor๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  3. Mobil nya bagus untuk mudik

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer